Pemkab Purwakarta Bersama BAZNAS Melalui Dinkes Gelar Sunatan Massal

Gambar: Pemkab Purwakarta Bersama BAZNAS Melalui Dinkes Gelar Sunatan Massal, (6/7/2024).

TNews, PURWAKARTA – Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mewakili Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan menghadiri Sunatan Massal yang dilaksanakan di Bale Paseban (Pendopo Purwakarta), Sabtu (06/07).

Sunatan Massal yang dilaksanakan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Purwakarta bekerja sama dengan BAZNAS melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Sunatan Massal untuk memudahkan dan memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat Purwakarta.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mewakili Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan menyampaikan bahwa jumlah anak yang mengikuti kegiatan sunatan massal ini sebanyak 220 orang untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta, dan kita kerahkan seluruh tenaga kesehatan, mulai dari perawat, apotek, dokter sampai dokter special, kita turunkan untuk kegiatan ini.

“Diharapkan kegiatan ini bisa lebih membantu masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta dan ini juga merupakan salah satu agenda dalam rangka memperingati Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan Kabupaten ke-56,” jelas Norman Nugraha.

Sementara itu, Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati menyampaikan dengan diadakannya Sunatan Massal ini berharap bisa mencetak generasi Islam yang sholeh, Khitanan menjadi salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Kegiatan ini selain dalam rangka memperingati Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan Kabupaten ke-56, juga sekaligus memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah, dengan dilaksanakannya kegiatan sunatan massal ini diharapkan anak-anak yang telah disunat menjadi anak-anak soleh yang nantinya akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang, sunatan massal ini juga selalu rutin diadakan setiap tahun,” demikian Rika Ristiawati.*

Peliput: Endang jamaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *