Kapolres Purwakarta Hadiri Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain saat hadiri simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang digelar KPU Purwakarta, Pada Sabtu, 3 Februari 2024.

TNews, PURWAKARTA – Simulasi pemungutan dan penghitungan suara sangat penting dilakukan sebagai ajang sosialisasi pelaksanaan pemilu 2024 kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain saat hadiri simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang digelar KPU Purwakarta, Pada Sabtu, 3 Februari 2024.

“Kegiatan simulasi ini sangat penting, agar pada saat pelaksanaannya tidak menemukan kendala-kendala dan sesuai dengan aturan yang telah disosialisasikan. Terlebih pelaksanaan simulasi ini dilaksanakan secara real seperti hari pelaksanaannya nanti yang akan dilakukan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, saat ditemui di lokasi kegiatan.

Dikatakannya juga dari simulasi ini dapat diketahui tahapan pelaksanaan saat pemungutan dan penghitungan sehingga tidak ada persoalan maupun tidak memahami teknis pemungutan dan penghitungan suara pada saat tanggal 14 Februari 2024.

Dari kegiatan ini, lanjut Kapolres, pihaknya dapat melihat situasi di TPS guna mematangkan kesiapan dalam Pemilu serentak termasuk saat pencoblosan yang tinggal 11 hari mendatang.

“Memilih dan dipilih merupakan hak yang harus dijamin sebagai hak konstitusional warga negara Indonesia. Kita terapkan dalam kegiatan TPS ini yang mana merupakan sarana awal untuk menyampaikan hak setiap warga negara dan diperlukannya pengamanan demi menjaga kelancaran selama pemungutan suara berlangsung,” jelas Edwar.

Kapolres berharap, dengan adanya simulasi yang dilaksanakan, juga dapat memberikan gambaran para personelnya dalam melaksanakan pengamanan TPS, sehingga pelaksanaan pemilihan dapat berjalan aman dan lancar. “Dari simulasi yang dilaksanakan ini, kita mendapatkan gambaran realita yang akan terjadi di TPS nantinya dimulai dari tahapan pendaftaran, pendataan, pencoblosan hingga penghitungan hasil suara di TPS. Jadi kita siapkan pengamanannya. Kesiapan kita dalam menghadapi proses demokrasi sangat penting untuk menjamin keberlangsungan dan integritas Pemilu 2024,” ucap Kapolres.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri KPU Jawa Barat, Komisioner KPU Purwakarta, Komisioner Bawaslu Purwakarta, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, Para Danramil dan Para Kapolsek serta elemen masyarakat.

Peliput : Endang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *